kata kata bijak|kata kata Cinta|kata kata galau|kata kata lucu dan Gokil|Gambar Meme lucu|info dan fakta menarik

Dampak Negatif Dari Menggertakkan Leher dan Jari Saat Pegal

Dampak Negatif Dari Menggertakkan Leher dan Jari Saat Pegal - Sering sekali ketika kita lelah atau pegal baik saat kerja maupun sedang santai-santai dengan sengaja kita menggerakkan leher dengan cara cepat dan tiba", hal ini biasa di lakukan agar rasa pegal itu hilang. Hal ini memang akan menghasilkan rasa lega sementara pada sendi leher atau pada jari-jari kita, Tapi tau kah anda bahwa kebiasaan tersebut justru akan berpotensi menyebabkan cidera leher bahkan hingga menyebabkan leher anda kemungkinan lumpuh.

Menurut pakarnya dokter bedah Ortopedi dr. Mukito Partono, SpoT. dari RS. Puri Indah, Kebiasaan membunyikan leher bisa bahaya disebabkan adanya syaraf leher.
Menurut dr. Muki, kebiasaan membunyikan leher tersebut berpotensi menyebabkan cidera juga bisa beresiko leher anda patah. dr. Muki menuturkan salah satu pasiennya pernah mengalami kelumpuhan pada lehernya.

"Pernah ada pasien, awalnya sakit leher biasa lalu di bunyi-bunyiin, karena gak sembuh. di bawa ke tukang urut tradisional, malah akhirnya jadi lumpuh karena lehernya patah."
"Prinsipnya, sendi yang tidak ada saraf organ vital sah-sah saja (digemeratakkan atau dibunyikan). Paling kalau dibunyikan terlalu keras akan terasa sakit, tapi efeknya tidak terlalu fatal".
Dampak Negatif Dari Menggertakkan Leher dan Jari Saat Pegal
Membunyikan jari

Dampak Membunyikan sendi jari-jari


1. Syaraf bisa terjepit di sela-sela tulang ekor leher. Efek yang ditimbulkan bermacam-macam, tergantung jaringan saraf itu menuju kemana (Brian Cazzasa,M.D dr Universitas California).

2. Akan mengakibatkan organ tubuh seperti kaki dan tangan sulit dikomando oleh otak. Efek yg ditimbulkan biasanya orang tersebut akan berjalan seperti robot, karena otak gagal memberi instruksi kepada organ-organ tubuh untuk melakukan apa yang diinginkan.

3. Apapun itu, gerakan membunyikan buku-buku jari adalah kegiatan yang salah karena menyalahi aturan persendian normalnya dan dapat menghancukan tulang rawan didalamnya.

4. Jika terus menerus dilakukan, hal ini dapat menyebabkan penyakit sendi yang kronis di kemudian hari.

Ada alternatif lain lain yang aman untuk menghilangkan rasa pegal baik di leher maupun di jari-jari anda, Berikut selengkapnya :

1. Saat anda mandi, Jika dirumah anda kebetulan ada shower gunakan tekanan air shower (hangat) itu untuk mengurangi sakit karena leher yang mengejang. 

2. Jika tidak mempunyai pancuran, leher belakang bisa dikompres dg air hangat menggunkan washlap atau handuk kecil. lakukan terus menerus dan ulangi jika air sudah mulai dingin. ingat, air harus dalam keadaan hangat.

3. Atau gerakan leher perlahan, 4 atau 5 kali. Putarlah kepala ke kanan atau kekiri dengan perlahan dan hati-hati.

4. Jika anda menggunakan AC saat tidur, pastikan suhu yg dikeluarkan antara 25-27 atau secukupnya dan jangan terlalu rendah. Sebab jika terlalu dingin, otomatis anda akan menarik selimut, dan posisi tidurpun merengkuk. hal ini akan membuat leher anda kembali pegal esok harinya.

5. Jika sedang menonton tv, Online komputer, terutama ngeblog selama berjam-jam, atau membaca buku sambil tiduran, pastikan kepala tidak menekuk ke depan, kebelakang atau kesamping. Posisi kepala tetap lurus.

Bisa juga anda melakukan peregangan dengan cara lain seperti membiarkan kaki terbujur sempurna selama 10 menit, kemudian tidur usahakan telentang sempurna, tangan, kaki dan kepala beiarkan darah mengalir secara lancar. Bila peredaran darah lancar maka rasa sakit dan pegal pada tubuh anda akan berkurang.

Demikianlah tadi artikel Dampak Negatif Dari Menggertakkan Leher dan Jari Saat Pegal semoga bermanfaat dan berguna untuk para pembaca sekalian. Dan kita selalu di limpahkan kesehatan oleh Allah, mari tetap hidup sehat dan menjaga lingkungan kita.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Dampak Negatif Dari Menggertakkan Leher dan Jari Saat Pegal

0 komentar:

Post a Comment

a