kata kata bijak|kata kata Cinta|kata kata galau|kata kata lucu dan Gokil|Gambar Meme lucu|info dan fakta menarik

Mau Beli Mobil Bekas, Perhatikan 6 Hal Ini Dulu

Mau Beli Mobil Bekas, Perhatikan 6 Hal Ini Dulu - Saat ini siapa sih yang tidak ingin mempunyai kendaraan pribadi, walaupun penghasilan cekak dengan modal punya uang buat DP banyak orang yang berani ambil resiko untuk membeli mobil bekas secara kredit.  Ya keadaan seperti sekarang ini modal nekat saja belum cukup untuk mencapai impian untuk membeli mobil bekas secara kredit. Untuk masyarakat kelas menengah kebawah memang lebih baik membeli kendaraan bekas secara kredit karena kita ditawarkan dengan mobil bekas yang cukup mulus dengan DP murah dan angsuran terjangkau walaupun jangka waktu angsuran yang lumayan panjang dan lama. Sebaiknya bagi anda yang ingin membeli mobil bekas, berikut hal yang harus diperhatikan :

Mau Beli Mobil Bekas, Perhatikan 6 Hal Ini Dulu
mobil bekas

Tips Membeli Mobil Bekas

1. Harga Mobil Bekas

Bagi kita yang ingin sekali memiliki kendaraan atau mobil pribadi jangan terlalu tergiur dengan harga mobil bekas yang murah karena mobil bekas murah belum tentu mempunyai kualitas yang baik. Mobil bekas murah dan berkualitas siapa yang tidak mau pasti banyak yang mau akan tetapi hanya orang yang beruntung yang bisa mendapatkannya. Biasanya harga mobil bekas berpengaruh sekali dengan tahun pembuatan mobil, semakin muda tahun pembuatannya akan semakin mahal harganya begitupun sebaliknya semakin tua tahun pembuatannya akan semakin murah harganya dan tentunya ini tidak berlaku untuk mobil antik yang mempunyai sejarah yang semakin tua semakin mahal. 
Sebelum memutuskan membeli mobil bekas yang sesuai dengan kantong anda dengan tahun yang lebih muda dan keadaan mobil bekas yang rapi, sebaiknya anda melakukan perbandingan harga dengan mobil bekas dengan type yang sama diberbagai showroom mobil bekas lainnya sehingga anda tidak menyesal dikemudian hari.  Selain tahun pembuatan mobil bekas yang mempengaruhi harga mobil bekas akan tetapi banyak sekali fakor yang menyebabkan mobil bekas tersebut dijual dengan harga murah atau mahal. Semoga anda mendapatkan harga mobil bekas yang murah dan berkualitas.

2. Keadaan Mesin 

Periksalah keadaan mesin mobil bekas yang sudah anda pilih dengan harga yang sesuai kantong anda. Periksa bagian bawah mesin dan bagian atas mesin apakah ada kebocoran yang terjadi atau tidak,  jika keadaan mesin bersih dan kering bisa jadi mesinnya dalam keadaan baik. Selain itu periksa suara mesinnya apakah kasar apa masih halus saat mesin mobil dihidupkan, jika suara mesinnya tidak berisik semisal tidak ada suara yang abnormal berarti mesinya bagus. Jangan lupa periksa juga komponen-komponen mesin lainnya seperti sistem pengapian, sistem pengisian, sistem bahan bakar, transmisi/perseneleng, gardan dan lain-lain pastikan dalam keadaan baik. Jika ragu bawa mekanik langganan anda untuk memeriksa keadaan mobil bekas tersebut.

3. Keadaan Body Mobil

Jangan tergiur dengan keadaan body mobil bekas yang mulus bisa jadi mobil bekas tersebut sudah dilakukan pengecatan ulang oleh bengkel body repair. Sebaiknya kita lebih teliti dengan memeriksa body mobil bekas tersebut yaitu lihat cat eksterior dan interior apakah masih asli apakah ada bagian –bagian tertentu yang sudah mengalami pengecatan ulang, periksa body mobil bekas apakah ada penyok, baret, endapan lumpur disekeliling body mobil bekas. Jangan sampai anda membeli mobil bekas eks kebanjiran.

4. Ban dan velg 

Cek fisik keadaan ban dan velg serta ban cadangannya apakah masih layak pakai atau sudah saatnya diganti. Pastikan keadaan ban masih layak pakai dengan cara melihat berapa tinggi kembangan ban bagian luarnya. Jangan sampai anda membeli mobil bekas dengan keadaan ban gundul pasti anda akan terbebani dengan biaya pergantian ban tersebut.

5. Lihat Oddometer

Lihatlah oddometer mobil bekas tersebut pada kilometernya, berapa kilometer mobil bekas yang akan anda beli ini apakah masih dekat apa sudah terlampau jauh, misal mobil bekas dengan tahun pembuatan lama namun kilometernya masih rendah atau sebaliknya mobil dengan tahun pembuatan yang masih muda dengan kilometer yang sudah tinggi. Jika sudah diketahui kilometernya kita sudah bisa mengira berapa jauh jarak tempuh mobil bekas tersebut. Dan dengan kita mengetahui kilometernya kita juga bisa menganalisa sudah diservice/dilakukan perbaikan/pergantian spare parts apa saja mobil bekas ini kita bandingkan dengan buku manual/buku petunjuk service dari pabrikan mobil.

6. Surat/kelengkapan dokumen 

Selain anda melihat dan memeriksa keadaan tampilan mobil bekas sebaiknya anda juga harus meneliti kelengkapan dokumen mobil bekas tersebut seperti masa berlaku STNK, masa berlaku buku KEUR (untuk kendaraan niaga) dan tanyakan juga keberadaan BPKB mobil bekas tersebut. Jangan sampai masa berlaku dokumen kendaraan tersebut tinggal menghitung hari bisa jadi anda akan terbebani oleh biaya perpanjangan dokumen mobil bekas tersebut. Anda juga berhak memeriksa riwayat kendaraan mobil bekas tersebut lihat dan tanyakan bagaimana riwayat mobil bekas yang akan anda beli ini bertujuan untuk melacak dan mengetahui sejarah dari mobil bekas tersebut.

Dengan tips di atas saya harapkan anda mendapatkan mobil bekas dengan kualitas yang bagus serta dengan harga yang ralatif terjangkau. Lebih bagus sebelum anda berangkat menuju showroom mobil bekas, anda telah mempunyai target tipe mobil yang sedang anda cari dan telah anda pelajari mengenai tipe mobil tersebut. Ini guna mencegah agar anda fokus dan tidak bingung saat di tempat itu. 

Terima kasih atas partisipasi anda dalam artikel Mau Beli Mobil Bekas, Perhatikan 6 Hal Ini Dulu semoga dapat menjadi pedoman anda dalam memilih mobil bekas yang baik dan benar. Harapan saya adalah untuk meminimalisir terjadinya kekecewaan anda setelah membeli mobil bekas, karena telah banyak kasus pembelian mobil bekas yang berujung kerugian terhadap pembelinya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Mau Beli Mobil Bekas, Perhatikan 6 Hal Ini Dulu

1 komentar:

  1. Makasih infonya, rencana mau cari mobil.

    ReplyDelete

a