kata kata bijak|kata kata Cinta|kata kata galau|kata kata lucu dan Gokil|Gambar Meme lucu|info dan fakta menarik

8 Tips Cara Merawat Ban Kendaraan Agar Lebih Awet

8 Tips Cara Merawat Ban Kendaraan Agar Lebih Awet - Ban adalah bagian dari komponen kendaraan yang bersentuhan langsung dengan ground/bumi sehingga pemakaian ban perlu diperhatikan secara seksama dan dilakukan perawatan sehingga kendaraan yang kita kendarai akan terasa nyaman dan aman. Banyak orang yang kurang mengerti tentang perawatan ban itu seperti apa dan bagaimana cara melakukannya, berikut ini saya jabarkan beberapa tips cara merwat ban dengan benar :
8 Tips Cara Merawat Ban Kendaraan Agar Lebih Awet
Merawat Ban

Cara merawat ban dengan benar

1. Pemilihan ban yang tepat

Pemilihan ban yang tepat ini bertujuan untuk menyesuaikan dengan kondisi jalan dan kondisi operasi kendaraan anda cenderung kemana. Dalam memilih ban usahakan tidak terlalu jauh dari ukuran normal adapun toleransi penambahan ukurannya adalah 10 misal 70/80 menjadi 80/90.
Untuk menjaga keselamatan lebih utamakan memilih ban yang mempunyai compon yang soft dari pada yang hard, karna compon yang soft lebih menggigit aspal. Walau keadaan finansial anda lagi pas-pasan saya tidak menganjurkan anda membeli merk ban yang abal-abal.

2. Selalu perhatikan tekanan angin ban anda

Lakukan perawatan tekanan angin atau periksa tekanan angin apakah sudah sesuai dengan tekanan yang diijinkan oleh pabrikan. Tekanan angin ban harus pas tidak boleh kurang atau lebih ini bertujuan untuk menjaga supaya tidak terjadi pemuaian saat tekanan angin terlalu kencang sehingga ban bisa meledak. Tekanan angin yang kurang akan menyebabkan ban mudah sobek dan rusak akibat terkena benda tajam atau benda yang lainnya. 

Tekanan angin harus sesuai standar atau cukup untuk bertujuan mencegah kerusakan ban terlalu dini, mampu menopang beban kendaraan, kontak ban dengan ground menjadi rata sehingga umur pakai ban menjadi lebih panjang dan awet. Pentingnya menjaga tekanan angin karena demi menjaga keselamatan jiwa pengemudi, tekanan angin sebaiknya dilakukan satu kali dalam 2 minggu pada kondisi ban dingin, isi angin menggunakan nitrogen (N2) lebih bagus.  Bagaimana cara melakukan pengecekan tekanan angin, yaitu pastikan ban dalam keadaan dingin, cek tekanan angin jika kurang isi sesuai standar, cek pentil dengan air sabun jika keluar gelembung udara ganti pentil dengan yang baru, cek tutup pentil apakah ada yang cacat jika tidak ada pasangkan kembali tutup pentil, jangan lupa mengecek tekanan angin ban cadangan.

3. Hindari beban/muatan berlebih

Muatan atau beban berlebih akan memaksa ban untuk bekerja lebih keras sehingga akan menyebakan ban akan mudah aus bahkan meledak. Hal seperti ini juga berdampak terhadap kerusakan velg anda, jadi usahakan tidak terlalu memaksakan muatan di kendaraan anda.

4. Selalu Cek berkala Ban anda

Periksa kondisi bagian luar ban apakah ada batu kecil atau kerikil yang menempel pada alur ban jika ada lepaskan dan buang batu kerikil tersebut karena untuk mencegah kerusakan pada bagian luar ban tersebut.

5. Rotasi ban secara berkala

Untuk menjaga ban agar umur pakai lebih awet maka lakukanlah rotasi pada ban dikendaraan anda. Rotasi ban dilakukan secara rutin setiap 10.000 Kilometer sehingga keausan ban akan merata dan ban lebih awet/memaksimalkan umur pakai ban.

6. Spooring ban secara berkala
Manfaat spooring yaitu membuat kemudi lebih nyaman, gaya balik kemudi lancar, kemudi stabil dan tentunya umur ban menjadi maksimal. Lakukan spooring ban secara rutin setiap 10.000 kilometer.

7. Pakai ban luar, ban dalam dan ban perut sesuai ukuran dan dengan ukuran yang sama.

8. Berhati-hati ketika mengemudi

Saat mengemudi kita harus berhati-hati, pilih jalan yang tidak rusak dan berlubang sehingga ban akan lebih awet serta mematuhi semua peraturan lalu lintas sehingga kita terhindar dari kecelakaan bermotor.

Selain bertujuan supaya ban lebih awet dan berkendara menjadi nyaman dan aman, dengan melakukan tips perawatan ban maka kita akan menghemat biaya pergantian ban kendaraan tersebut. 

Semoga artikel 8 Tips Cara Merawat Ban Kendaraan Agar Lebih Awet dapat memberikan anda pemahaman bahwa pentingnya merawat ban kendaraan, yang mana komponen vital ini sangat mendukung kesalamatan anda dalam berkendara.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 8 Tips Cara Merawat Ban Kendaraan Agar Lebih Awet

0 komentar:

Post a Comment

a