kata kata bijak|kata kata Cinta|kata kata galau|kata kata lucu dan Gokil|Gambar Meme lucu|info dan fakta menarik

Fakta Unik, Sejarah Kopi Yang Belum Diketahui

Sejarah Kopi - Sepertinya pagi terasa hambar atau tidak lengkap memulai kegiatan tanpa nyeruput secangkir kopi. Kopi bukan lagi sebagai minuman penghilang rasa kantuk, akan tetapi telah metamorfosis menjadi sebuah fashion atau gaya hidup.  Setiap sudut kota maupun desa telah bertebaran kedai kopi dari yang sederhana hingga bergaya modern. Penikmat kopi pun mulai beragam, yang dahulu indentik dengan orang tua atau kaum pria, sekarang baik tua, muda maupun pria dan wanita mulai menggandrungi minuman ini.

Fakta Unik, Sejarah Kopi Yang Belum Diketahui
sejarah kopi

Fakta dan Sejarah kopi

Terlepas dari caffein yang berada pada secangkir kopi yang masih diperdebatkan, konsumsi masyarakat terhadap minuman yang sekarang tidak hanya berwarna hitam semakin meningkat.

Oke untuk menambah seru pembahan kita, berikut ini adalah Fakta unik tentang kopi yang patut kita ketahui :

Fakta Unik, Sejarah Kopi Yang Belum Diketahui
kopi luwak
  1. Ternyata awal mula sejarah kopi di mulai dari cerita seorang penggembala kambing Abessynia (Sekarang Ethiopia) pada abad ke-9 masehi dia menemukan tumbuhan kopi saat ia mengembala. Dari sana lalu menyebar dari mesir dan Yaman, dan pada abad ke 15 mulai meluas hingga daratan persia. mesir, turki dan afrika utara.

    Mitos kopi sebaga penghalang rasa kantuk berawal dari cerita ini yaitu dimana seorang yang bernama Ali-shadili yang gemar meminum sari biji kopi untuk membuatnya tetap terjaga untuk melaksanakan sholat malam, dari sinilah cerita kopi sebagai rasa penghilang kantuk.
  2. KOPI LUWAK mungkin merupakan jenis kopi yang paling enak rasanya. Konon katanya, kopi yang berasal asli dari Indonesia ini deiperoleh dengan cara yang sangat unik. Biji kopinya di ambil dari kotoran Luwak, binatang sejenis kucing atau musang.

    Yang menyebabkannya istimewa adalah insting luwak yang hanya memilih buah kopi terbaik untuk dimakan. Selain itu, karena produksinya terbatas dan sedikit namun rasanya selangit, kopi luwak asli mempunya harga tembus $300-$600/KG.
  3. Kopi ternyata tidak begitu saja menjadi salah satu minuman favorit dunia yang digemari. Awalnya di Italia, pendeta-pendeta melarang umatnya minum kopi dan menyatakan bahwa minuman kopi tersebut dimasukkan sultan-sultan muslim untuk menggantikan anggur. Bukan hanya melarang tetapi juga menghukum orang-orang yang minum kopi. Tidak hanya di Italia, di tahun 1656, Wazir dan Kofri, Kerajaan Usmaniyah, mengeluarkan larangan untuk membuka kedai-kedai kopi. Bukan hanya melarang kopi, tetapi menghukum orang-orang yang minum kopi dengan hukuman cambuk pada pelanggaran pertama. Di Swedia, konon Raja Gustaff II pernah menjatuhkan hukuman terhadap dua orang saudara kembar. Yang satu hanya diizinkan meminum kopi dan yang satu lagi diizinkan hanya nyeruput teh. Siapa yang terlebih dahulu mati, maka dialah yang bersalah dalam satu tindak pidana yang dituduhkan terhadap mereka. Ternyata yang mati duluan adalah peminum teh pada usia 83 tahun. Gara-gara itulah, masyarakat Swedia menjadi sangat tergila-gila dengan kopi, bahkan paling fanatik di dunia. Sehingga sampai sekarang negara-negara Skandinavia kini peminum kopi tertinggi per kapita di dunia. Setiap orang bisa menghabiskan 12 kg lebih per tahun.
  4. Dulu awalnya, Indonesia merupakan pengekspor kopi terbesar dan terbaik di dunia. Dan tahukah Anda, hal itu terjadi sebelum tahun 1880-an, dimana pada tahun tersebut terjadi wabah hama karat daun yang memusnahkan kopi arabika yang ditanam di bawah ketinggian 1 km di atas permukaan laut, dari Sri Lanka hingga Timor. Brasil dan Kolombia akhirnya mengambil alih peran sebagai eksportir kopi arabika terbesar, sampai kini. Dan pada masa jaya itu, industri kopi di Jawa pernah berpameran di AS untuk memperkenalkan kopi, sehingga publik AS mulai mengenal kopi dan menjuluki minuman itu dengan nama Java.
Demikianlah mengenai sejarah unik kopi  semoga dengan artikel ini menambah wawasan kita tentang asal sejarah kopi dan perkembangannya.
untuk artikel unik lainnya silahkan baca di gerobak artikel ini, banyak sekali yang bermanfaat untuk anda. terima kasih.

sumber : wiki dan google

                                          Share on Facebook
                                          Share on Twitter
                                          Share on Google+
                                          Tags :

                                          Related : Fakta Unik, Sejarah Kopi Yang Belum Diketahui

                                          0 komentar:

                                          Post a Comment

                                          a